Categories
Cara Mengatur Gaji Bulanan

Ini Cara Mengatur Uang yang Paling Bijak!

cara-mengatur-gaji-bulanan
Cara Mengatur Gaji Bulanan

Makan di restoran mahal sampai belanja barang yang diinginkan pasti sangatlah menyenangkan. Tapi jika kamu melakukannya terus menerus, jangan terkejut kalau kamu harus kerja terus-terusan hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Oleh karena itu, inilah pentingnya kamu untuk mengetahui apa saja sih faktor yang menyebabkan manajemen keuangan kamu amburadul padahal gaji sudah 9 digit. Setelah mengetahui penyebabnya, baru deh mulai menata keuangan kamu lagi pelan-pelan.

Ingin tahu bagaimana caranya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini:

Melunasi semua utang

Apa kamu tau kalau batas aman utang itu yaitu 30 persen dari penghasilan. Kalau sudah lebih dari itu, dijamin keuangan kamu akan berantakan.

Sayangnya banyak orang yang gagal di tengah jalan dan ujung-ujungnya malah menambah hutang karena tak tahan dengan godaan gaya hidup. Kalau kondisinya seperti itu terus mah siap-siap aja kamu akan terus terjerumus dengan lingkaran utang yang menyesatkan.

Karena itu, kamu harus siap mental menahan diri untuk tidak berhutang hanya demi memuaskan kesenangan sesaat. Kalau hutang sudah lunas atau lebih ringan, baru deh beli baju atau makan di restoran favorit kamu. Tapi ingat, jangan berlebihan apalagi sampai berhutang lagi.  

Membagi penghasilan ke tiga pos pengeluaran?

Sebenarnya ada cara paling sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengelola keuangan dengan menerapkan teori 50/20/30 yang dipopulerkan oleh pakar keuangan Elizabeth Warren.

Mudah kok, Warren hanya menyarankan agar kamu membagi penghasilan ke tiga pos pengeluaran, seperti:

  • 50 persen untuk kebutuhan bulanan termasuk cicilan dan asuransi.
  • 20 persen wajib banget dialihkan ke tabungan dan investasi.
  • 30 persen untuk kebutuhan gaya hidup, seperti nongkrong di kafe hingga belanja.

Lalu, bagaimana cara mengelola keuangan yang tepat?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kalau kamu harus mengalihkan pengeluaran gaya hidup sebesar 20 persen ke pos kebutuhan bulanan untuk menutupi beban utang. Berikut rinciannya:

  • 70 persen dari Rp 12 juta, yaitu Rp 8,4 juta untuk kebutuhan bulanan.
  • 20 persen dari Rp 12 juta, yaitu Rp 2,4 juta untuk tabungan dan investasi.
  • 10 persen dari Rp 12 juta, yaitu Rp 1,2 juta untuk kebutuhan gaya hidup.

Dari jumlah Rp 8,4 juta untuk kebutuhan bulanan. Berarti kamu masih ada sisa uang sebesar Rp 4,1 juta yang bisa kamu gunakan untuk ongkos ke kantor, membeli kebutuhan bulanan hingga membayar asuransi.

Categories
Cara Mengatur Gaji Bulanan

10 Perusahaan dengan Gaji Tertinggi di Dunia

cara-mengatur-gaji-bulanan
Cara Mengatur Gaji Bulanan

Gaji atau bisa juga disebut upah merupakan hak yang harus diterima karyawan setiap bulannya. Mendapatkan gaji tertinggi di dunia, pasti merupakan impian setiap karyawan di setiap perusahaan mana pun.

Bagi yang ingin tahu perusahaan apa saja yang memberikan gaji tertinggi di dunia, situs Glassdoor sudah menyusun daftar perusahaan tersebut untuk tahun 2019. 

Perusahaan apa saja? Berikut 10 perusahaan yang dimaksud seperti dilansir dari CNBC dimulai dari angka tertinggi ya:

1. Palo Alto Networks

Perusahaan cyber security yang terletak di California, Amerika Serikat itu mampu memberikan rata-rata upah setahun untuk karyawannya sebesar US$ 170.929 atau Rp 2,41 miliar. Angka yang sangat fantastis!

2. Nvidia

Perusahaan yang memproduksi prosesor dan alat komunikasi di California, Amerika Serikat itu rata-rata memberi pegawainya upah setahun US$ 170.068 atau Rp 2,40 miliar.

3. Twitter

Siapa yang tidak tau twitter? Layanan jejaring sosial yang kantornya terletak di California, Amerika Serikat itu memberikan rata-rata karyawannya upah untuk setahun sebesar US$ 162.852 atau Rp 2,30 miliar.

4. Gilead Sciences

Perusahaan yang mengembangkan obat-obatan ini terletak di California, Amerika Serikat. Gilead Sciences memberikan rata-rata karyawannya upah setahun US$ 162.210 atau Rp 2,29 miliar.

5. Google

Perusahaan jasa dan produk internet search engine  yang terletak di California, Amerika Serikat mampu memberi rata-rata gaji karyawannya selama setahun US$ 161.254 atau Rp 2,28 miliar.

6. VMware

Perusahaan perangkat lunak virtualisasi di California, Amerika Serikat itu memberikan rata-rata gaji setahun sebesar US$ 158.063 atau Rp 2,23 miliar.

7. LinkedIn

Perusahaan jaringan sosial berorientasi bisnis di California, Amerika Serikat itu memberikan rata-rata upah karyawannya selama setahun US$ 157.402 atau Rp 2,22 miliar.

8. Facebook

Perusahaan jejaring sosial yang terletak di California, Amerika Serikat ini memberikan karyawannya rata-rata gaji US$ 152.962 atau Rp 2,16 miliar selama setahun.

9. Salesforce

Perusahaan perangkat lunak berbasis cloud computing yang terletak di California, Amerika Serikat itu rata-rata memberikan gaji setahun US$ 150.379 atau setara Rp 2,12 miliar.

10. Microsoft

Perusahaan pengembang produk dan jasa komputer yang terletak di Washington, Amerika Serikat ini memberikan rata-rata upah US$ 148.068 atau setara Rp 2,09 miliar selama setahun.

Itulah 10 perusahaan dengan gaji tertinggi di dunia tahun 2019. Kamu sudah jadi salah satu karyawannya?

Categories
Cara Mengatur Gaji Bulanan

3 Penyebab Gaji Numpang Lewat di Usia 30-an!

Cara Mengatur Gaji Bulanan

Di usia 30-an memang sudah dapat dibilang di mana seseorang memasuki fase yang lebih matang dalam berfikir. Tapi jangan salah, masih saja ada orang yang mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan, apalagi jika gaji cuma lewat. 

Apa saja sih penyebab banyak orang sering mengalami hal tersebut? Berikut adalah beberapa penyebab gaji numpang lewat:

1. Gaya hidup dan gengsi

Ga sedikit cerita gaji yang numpang lewat disebabkan keterbukaan informasi secara luas, cepat dan masif nih. Hal tersebut yang menyebabkan banyak orang tergoda buat membelanjakan uangnya demi mendapatkan kepuasan semata dalam mengikuti tren. 

Dengan memahami cara kerja uang, jika uang tersebut dibelanjakan untuk hal yang konsumtif, maka nilainya akan habis di kemudian hari. Di sisi lain, jika anda lebih mementingkan investasi daripada pengeluaran konsumtif, maka nilai uang yang anda miliki bisa bertumbuh di masa depan.

Kemudian juga pahami juga apa kebutuhan dan keinginan, sebab kedua hal ini sangat berbeda dan anda harus bisa mengetahui perbedaannya. Beli sebuah barang karena fungsi yang ada di dalamnya dan jangan membeli barang hanya karena tergoda merek sudah terkenal.

2. Punya utang terlalu besar

Persoalan kedua adalah memiliki hutang terlalu besar yang membuat masalah gaji hanya numpang lewat setiap bulan. Hal yang harus diperhatikan adalah dengan melihat arus kas apakah memiliki hutang terlalu besar atau tidak. 

Sebaiknya terapkan skema hutang atau cicilan maksimal 30% dari total pendapatan, jika memiliki penghasilan UMR DKI Jakarta yakni Rp 4,2 juta, maka total cicilan atau hutang maksimal per bulan adalah Rp 840 ribu.

Tidak hanya itu, selama masih memiliki hutang atau cicilan yang sudah terlanjur, maka jangan sampai menambah lagi jumlah hutang yang dimiliki. Sebab pada akhirnya akan memberikan beban pada finansial setiap bulan, jika dipaksakan maka akan menghadapi masalah gaji hanya numpang lewat.

3. Gak tahu ke mana pengeluaran tiap bulan

Kemudian, persoalan berikutnya adalah tidak mengetahui secara pasti ke mana aliran uang setiap bulan yang membuat gaji hanya numpang lewat saja. Jika hal ini tak mau terus menerus terjadi, sebaiknya lakukan tracking atau melacak setiap pengeluaran yang terjadi setiap bulan. 

Saat mengetahui ke mana aliran uang keluar, maka anda bisa lebih mudah mengevaluasi pengeluaran berlebihan yang dilakukan.

Categories
Cara Mengatur Gaji Bulanan

3 Cara Memilih Kerja yang Tepat Supaya Dikasih Gaji Besar

cara-mengatur-gaji-bulanan
Cara Mengatur Gaji Bulanan

Mendapat tawaran pekerjaan dengan gaji baru selalu menggoda. Namun, masih banyak pegawai berusia 30-40 tahun terjebak zona nyaman di posisi tetap sehingga malas memulai petualangan baru meski mendapat gaji pas-pasan.

Jika mengalami hal tersebut, sebaiknya jangan asal dalam memilih tawaran pekerjaan tersebut. Sebaiknya pertimbangkan dahulu beberapa hal penting agar tidak mengalami kerugian meninggalkan pekerjaan lama.

Berikut adalah beberapa tips memilih untuk tawaran pekerjaan yang tepat agar mendapat gaji besar:

1. Perusahaan kredibel

Pastikan tawaran pekerjaan yang datang berasal dari perusahaan yang kredibel atau dapat dipercaya, mulai dari nama perusahaan, alamat, bisnis yang dijalankan, hingga struktur organisasi perusahaan tersebut.

Jangan sampai tergiur iming-iming gaji besar, dan tunjangan tinggi tetapi dari perusahaan fiktif yang ingin melakukan penipuan.

Sebaiknya, cek dan riset terlebih dahulu mengenai perusahaan tersebut dan apa saja bisnis yang dijalani, hingga alamat perusahaan tersebut. Dengan begitu, kamu akan terhindari tindak penipuan dari perusahaan fiktif.

2. Tujuan karir jelas

Hal utama sebelum memilih tawaran pekerjaan yang tepat adalah melihat tujuan karir masing-masing. 

Setiap orang pasti memiliki tujuan karir yang ingin dicapai. Karena itu, coba pastikan tawaran pekerjaan tersebut memang sesuai dengan tujuan karirmu.

Jangan sampai tujuan karir dengan tawaran pekerjaan yang diberikan perusahaan tidak cocok. Hal ini akan membuat kamu tidak nyaman dalam bekerja dan memilih untuk resign.

Cara mengetahui apakah tawaran pekerjaan sesuai dengan tujuan karir ialah menghimpun informasi tentang jenjang karir di perusahaan saat sesi wawancara.

3. Kesempatan untuk berkembang

Kesempatan berkembang dalam sebuah pekerjaan sangat penting untuk pegawai. Karena seorang pegawai harus mengabdikan dirinya kepada perusahaan di mana dia memilih untuk bekerja.

Kesempatan berkembang yang dimaksud seperti menjalani pendidikan kembali, pelatihan, kursus, hingga workshop. Itu menjadi nilai lebih bagi perusahaan dan pegawai.

Jika perusahaan mempunyai peluang terkait hal tersebut, maka bisa dibilang perusahaan terbuka untuk memberikan kesempatan berkembang para pegawainya menambah pengetahuan dan skill dalam bekerja.

Intinya, sebelum memilih pekerjaan di perusahan baru coba pastikan dan cari tahu apakah perusahaan yang dituju membuka kesempatan berkembang bagi pegawainya atau tidak. 

Dan, pilihlah perusahaan yang memberikan kesempatan tumbuh dan berkembang paling besar.

Categories
Uncategorized

Hello world!

Welcome to WordPress. This is your first post. Edit or delete it, then start writing!