Cara Simpan Daging yang Benar Agar Tahan Lama

Bisa stok daging melimpah sesudah hari raya Idul Adha? Berapa banyak juga resep yang telah Anda siapkan, benar-benar mustahil memproses seluruh daging kurban yang didapatkan dalam satu hari. Jadi bekasnya tetap harus tersimpan. Oleh karena itu kami akan membahas cara simpan daging yang benar, agar daging dapat digunakan di kemudian hari, 

Langkah terhebat untuk simpan daging fresh ialah menempatkannya di kulkas. Lantas bagaimanakah cara simpan daging di kulkas supaya masih tahan lama dan tidak mengakibatkan berbau tidak lezat? Dibawah ini terdapat beberapa panduan yang bisa Anda lakukan..

1. Cara simpan daging yang benar – jangan dicuci dulu

Seharusnya jangan membersihkan daging yang didapatkan saat sebelum menyimpan. Proses pencucian dapat membuat wewangian prengus makin tajam. Disamping itu, air yang menyerap ke dalam serat akan membuat daging lebih gampang hancur.

2. Potong dengan ukuran yang sama

Cara simpan daging yang kedua adalah, dengan memotong daging dengan ukuran yang sama ukuran konsumsi keluarga dalam satu hari. Bagaimana juga, mencairkan daging beku yang memiliki ukuran lebih kecil pasti lebih gampang dibanding bongkahan daging yang besar. Disamping itu, daging yang lebih kecil mengonsumsi semakin sedikit tempat di lemari es.

3. Masukan ke dalam tempat kedap udara

Saat sebelum tersimpan di lemari es, tambahkan daging ke dalam tempat kedap udara. Yakinkan tempat atau kantong plastik yang dipakai memiliki bahan food grade, sebab tempat ini akan bersinggungan dengan daging sampai beberapa bulan. Janganlah sampai tempat yang dipakai berbahaya untuk kesehatan.

4. Masukan ke pendingin di suhu -18 derajat celcius

Supaya daging lebih bertahan lama, taruh di chiller dengan temperatur -18 derajat Celcius.

Arah khusus mempeti-eskan daging untuk menidurkannya. Pada kondisi beku, bakteri dalam daging tidak bereaksi. Ini akan membuat daging tahan lama secara alami.

5. Bila akan dicairkan, pindahkan ke sisi lemari es yang suhunya lebih rendah

Jika Anda ingin memproses daging yang telah di peti-eskan, jangan dicairkan pada suhu ruang. Daging yang telah bersinggungan dengan udara luar mulai akan bereaksi pada bakteri. Seharusnya alihkan daging ke luar freezer. Tempatkan di shelf atau rack yang temperaturnya lebih rendah. Ini dilakukan agar ketika daging mencair temperaturnya tidak langsung hilang secara drastis.

Begitu beberapa cara simpan daging di kulkas yang dapat Anda aplikasikan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *