Cara Mengolah Daging Agar Cepat Empuk

Daging yang empuk pasti membuat rasa-rasanya bertambah sedap. Ada beberapa langkah mengolah daging agar cepat empuk, masakan jadi sedap juicy.

Untuk beberapa sajian memang membutuhkan waktu yang lama untuk disiapkan. Hidangan seperti rendang atau sop memakan waktu yang agak lama, supaya daging empuk dan bumbunya menyerap prima. Proses pemasakan yang lama benar-benar automatis membuat daging memiliki tekstur empuk. Lantas bagaimana untuk sajian yang proses masaknya cuman sesaat?

Eits jangan berduka dahulu, sebab ada beberapa langkah mengolah daging agar cepat empuk. Tehniknya simpel,kamu perlu memperhatikan wujud potongan daging atau memercayakan bahan alamiah yang baik untuk bikin struktur daging empuk.

Dikutip dari bermacam sumber, berikut 5 langkah yang dapat dikerjakan untuk mengempukkan daging.

1. Potong bersimpangan arah serat

Tehnik paling simpel untuk bikin struktur daging empuk dengan memerhatikan wujud potongan daging. Jauhi menggunting daging mengikut jalur serat, coba menggunting daging bersimpangan dengan arah serat. Langkah ini bisa dibuktikan efisien membuat daging memiliki tekstur lebih empuk.

Lihat wujud dan ukuran potongan daging. Untuk bikin rendang atau sop, bisa saja membuat potongan daging yang cukup tebal sebab proses masaknya benar-benar lama. Tetapi untuk masakan yang cepat olah, coba potong daging dengan wujud potongan tipis atau kecil.

Masakan seperti teriyaki, sate goreng atau tongseng cuman memerlukan waktu masak yang cepat jadi bikinlah potongan dagingnya lebih tipis. 

2. Pukul-pukul daging

Langkah mengolah daging agar cepat empuk bisa juga dikerjakan dengan memukul-mukul daging. Daging harus dipotong terlebih dahulu saat sebelum dipukul, lalu gunakan ulekan atau alat pemukul daging untuk bikin struktur daging lebih empuk.

Jam daging di ke-2 seginya sampai teksturnya cukup empuk. Jam dengan perlahan-lahan supaya serat daging tidak begitu remuk. Cukup jam seringkali sampai daging bengkak, sebab bila kebanyakan dipukul karena itu sari daging akan keluar dan membuat daging jadi condong kering.

3. Mengolah daging agar cepat empuk dengan panci presto

Jika di dalam rumah ada panci presto atau panci bertekanan tinggi, kamu dapat mempercayakannya untuk menyingkat waktu masak. Panci presto mengolah pemasakan daging dengan desakan tinggi hingga daging lebih cepat empuk.

Tidak seluruhnya masakan daging dapat diolah dengan panci presto, jadi lihat tipe makanan yang akan dibikin. Contohnya, untuk mengolah sop kaki sapi atau sop iga, kamu dapat mempercayakan panci presto ini.

Kecuali lebih ringkas dan efektif, pemakaian panci presto lebih mengirit pemakaian gas. Dibanding panci biasa, panci presto menjadi langkah mengolah daging agar cepat empuk cuman dalam beberapa saat saja.

4. Rendam dengan teh dan jahe

Kandungan tanin dalam teh berperanan aktif untuk melunakkan serat dan otot pada daging. Teh dapat jadi bahan perendam untuk mengempukkan daging. Pakai teh hitam yang pekat sebab teh tipe ini paling efisien mengempukkan daging.

Kerjakan perendaman daging dalam teh sepanjang lebih kurang 30 menit. Teh yang meresap dalam daging tidak mengubah rasa daging, kebalikannya teh malah membuat daging bertambah wangi.

Kecuali teh, kamu bisa juga membaluri daging dengan jahe parut. Jahe memiliki kandungan enzim proteolitik yang bisa membuat ikatan protein pada daging bertambah lebih lembek hingga daging jadi empuk. Triknya gampang, cukup baluri parutan jahe pada daging dan biarkan sepanjang 30 menit saat sebelum diolah. Jahe baik kurangi wewangian prengus pada daging kambing.

5. Mengolah daging agar cepat empuk menggunakan daun pepaya

Banyak penjual sate yang memercayakan daun pepaya untuk bikin daging empuk. Dengan alamiah, daun pepaya memiliki kandungan enzim papain yang dapat merusak protein dalam daging.

Tak perlu banyak, cukup mengambil selembar daun pepaya lalu buat jadi pembungkus daging. Biarkan minimum sepanjang 30 menit yang lalu daging langsung bisa diproses. Makin lama dibuntel daging semakin lebih cepat empuk.

Getah daun pepaya akan merusak serat daging sampai jadi lunak. Sekarang dipasarkan bubuk papain atau getah pepaya selaku bahan pengempuk daging. Langkah mengolah daging agar cepat empuk dengan langkah ini dapat diaplikasikan ketika mau membuat sate kambing atau sate sapi.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *