Gunakan Bahan Rendaman Mengempukkan Daging Ini!

Salah satunya rintangan memproses daging merah seperti daging kambing atau daging sapi ialah membuat teksturnya jadi empuk. Pasalnya jika daging langsung diolah demikian saja, umumnya akan keras waktu dikunyah dan kurangi kepuasannya. Hingga, perlu trick spesial untuk membuat empuk. Kemungkinan sebab trick ini jarang-jarang dijumpai, daging-daging kurban ini sering didiamkan saja dalam kulkas sepanjang beberapa bulan sebab malas memprosesnya. Oleh karena itu, bahan rendaman mengempukkan daging akan di bahas disini. 

Terdapat banyak bahan yang dapat kamu pakai untuk memendam daging supaya teksturnya lebih empuk dan kenyal. Juga gampang didapatkan!

Bahan rendaman mengenmpukkan daging dengan Garam

Salah satu bahan rendaman mengempukkan daging adalah garam. Taburi garam laut kasar (bukan garam dapur) ke semua permukaan daging. Biarkan sepanjang satu jam, baru selanjutnya diproses. Benar-benar perlu waktu supaya lama, tetapi garam akan menolong merusak ikatan protein yang ada dalam daging hingga daging akan berasa lebih empuk.

Air lemon

Oleskan perasan air lemon atau jeruk nipis pada permukaan daging lalu taruh dalam kulkas sepanjang beberapa saat saat sebelum diolah. Kandung asam pada air jeruk nipis sanggup merusak susunan protein daging hingga membuat daging lebih empuk.

Daun pepaya

Buntel daging dengan daun pepaya yang telah diremas sampai keluar getahnya. Biarkan daging sepanjang seputar 30 menit sebelum diolah. Semakin lebih baik jika daging dibuntel bersama bumbu sebab membuat bumbu lebih menyerap ke dalam daging.

Bahan rendaman mengempukkan daging dengan Nanas

Parut atau lumatkan nanas supaya enzimnya keluar. Kemudian, baluri daging minimum 30 menit sebelum diolah. Cermati penyeleksian nanas sebab rasa daging dapat sedikit berbeda karena wewangian nanas yang begitu kuat.

Cola

Rendam daging dalam cola (bukan cola diet) minimum 30 menit. Kandung asam dalam cola jadi katalis untuk menghaluskan otot daging.

Teh hitam

Bahan rendaman mengempukkan daging yang satu ini mempunyai kandungan tanin yang berperan selaku pengempuk alami. Buat 1-2 cangkir teh hitam yang pekat, selanjutnya rendam daging di air teh beberapa waktu saat sebelum diproses.

Bahan rendaman mengenmpukkan daging dengan Tomat

Jus buah tomat lalu oleskan pada daging. Remas-remas daging bersama tomat dan biarkan lebih kurang 40-60 menit sampai daging empuk.

Kiwi

Kiwi memiliki kandungan zat yang namanya actinidin yang dapat membuat daging bertambah empuk. Cukup remas-remas kiwi dan diamkan buahnya melumur daging. Sesudah 20-30 menit, basuh dan daging juga siap diproses.

Jahe

Enzim proteolitik alami yang terdapat dalam jahe berperan untuk mengurai ikatan protein dalam daging hingga bertambah empuk. Serai membuat baunya lebih fresh dan tidak prengus.

Cuka apel 

Tinggal baluri daging dengan cuka sari apel beberapa saat saat sebelum diolah. Kamu bisa juga memakai cuka dapur atau cuka balsamik.

Bahan rendaman mengempukkan daging dengan Kopi 

Rendam daging dalam kopi pekat sepanjang 1 jam saat sebelum dipanggang. Kecuali rasa-rasanya yang menjadi cukup smoky, butiran kopi akan menambah struktur crunchy pada daging.

Langkah ini dapat diterapkan jika kamu akan masak semur atau rendang sebab warna daging yang dipendam dengan baking soda akan berbeda bertambah gelap.

Itu dia bahan rendaman mengempukkan daging. Bagaimana, semakin siap masak daging dong semestinya? Daging telah empuk, hanya sediakan resepnya saja dech!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *