Cara Melenyapkan Kutu Beras Dengan Tepat

Kutu beras ataupun dalam bahasa Melayu diucap bubuk beras ataupun kumbang beras,( bahasa Inggris: rice weevil), merupakan serangga ataupun hama kecil yang melanda produk simpanan pertanian, semacam beras, gandum, serta jagung. Nama ilmiah serangga ini merupakan Sitophilus oryzae. Dikala umur berusia, kutu beras mempunyai panjang dekat 2 milimeter dengan corak tubuh nampak hitam/ gelap. Tetapi bila diteliti lebih dekat, terdapat 4 titik jingga/ merah yang tersusun sejauh penutup sayap. Kutu beras kerap dikelirukan dengan kutu jagung yang nampak sama, tetapi ada sebagian karakteristik yang berbeda.

Seekor imago betina kutu beras sanggup bertelur dari 300– 400 butir sepanjang hidupnya. Siklus hidup seekor kutu rata- rata dekat 30– 45 hari. Kutu beras sanggup hidup lumayan lama tanpa santapan sampai 36 hari, tetapi jika dengan santapan usianya sanggup menggapai 3– 5 bulan apalagi setahun. Ada pula sebagian aspek yang membuat reproduksi kutu beras bertambah, antara lain:

Santapan yang cocok dengan pembiakannya.

  • Temperatur serta kelembaban, maksudnya terus menjadi lembab suhunya, lebih gampang mereka berkembangbiak.
  • Area dekat. Oleh sebab itu, yakinkan tempat penyimpanan beras di tempat cerah serta kering, jauh dari sumber air.

Walaupun kutu beras tidak sangat bahaya untuk manusia, sebab hendak mati dikala proses pemasakan nasi, tetapi kedatangan kutu beras dalam stok beras di dapur bawa beberapa kerugian, antara lain:

a. Mutu rasa berubah

Beras yang sudah diinvasi oleh hama kutu beras sepanjang berbulan bulan bisa pengaruhi rasa beras kala dimasak jadi nasi ataupun bubur. Nasi yang umumnya pulen hendak jadi lebih terasa tawar dengan struktur yang kurang bersih. Keadaan ini dapat membuat selera serta nafsu makan seorang jadi menurun.

b. Nutrisi berkurang

Kutu beras yang telah tinggal serta melaksanakan reproduksi pada satu stok beras dalam waktu yang lama bisa menimbulkan nutrisi yang terdapat pada beras jadi menurun. Hasil metabolisme kutu beras hendak bercampur dengan beras, serta berakibat kurang baik buat nutrisi yang tercantum dalam beras. Oleh sebab itu, butuh lekas ditangani.

c. Menimbulkan alergi

Untuk sebagian orang, spesialnya kanak- kanak, kutu beras yang masih tertinggal di dalam beras yang sudah dimasak jadi nasi, sesungguhnya tidak sangat membahayakan kesehatan. Tetapi, terdapat pula orang- orang yang badannya bereaksi menolak barang asing sehingga merangsang alergi, berbentuk gatal- gatal ataupun muntah.

Metode Melenyapkan Kutu Beras secara Natural serta Efektif

Buat mengusir ataupun melenyapkan kutu beras, kita bisa memakai media simpel serta natural, tidak butuh bahan kimia ataupun obat pembasmi kutu. Bahan- bahan natural ini pastinya nyaman buat kesehatan serta gampang didapatkan.

1. Asam Keping

Salah satu bahan buat mengusir kutu beras merupakan asam keping ataupun asam gelugur. Aroma asam keping ini sangat berpengaruh karena tidak disukai oleh kutu beras. Triknya lumayan simpel, letakkan sebagian keping asam keping/ gelugur di dalam wadah beras. Dengan metode ini, lama kelamaan kutu beras tidak hendak merasa aman kemudian berangkat dengan sendirinya.

2. Daun salam

Salah satu keampuhan daun salam merupakan sanggup melenyapkan kutu beras. Kutu beras tidak menggemari aroma daun salam kering ini, jadi dengan memakai salam kering, kutu beras yang ada pada beras kita hendak berangkat begitu saja.

3. Bubuk Kopi

Metode yang pula lumayan gampang melenyapkan kutu beras merupakan dengan bubuk kopi. Tetapi, bukan berarti menaburkan bubuk kopi langsung di atas beras. Nanti nasinya malah jadi getir. Metode yang benar merupakan dengan memasukkan bubuk kopi ke dalam plastik, kemudian lubangi sebagian bagian plastik serta letakkan plastik berisi kopi ini di atas beras Kamu. Aroma kopi yang sangat pekat serta menusuk pasti membuat koloni kutu beras kabur serta menyingkir dari stok beras Kamu.

4. Daun Pandan

Daun pandan diketahui bagaikan salah satu daun yang beraroma harum serta kerap kali dipakai bagaikan bahan penguat rasa kue. Daun pandan pula jitu buat mengenyahkan kutu beras. Triknya, letakkan daun pandan di dekat ataupun di atas tumpukan beras yang tertutup. Kutu beras pula lama- lama hendak berangkat sendiri. Aroma pandan pula bisa membuat beras lebih wangi serta nikmat.

5. Kutu Beras Lenyap dengan Cengkeh

Cengkeh merupakan insektisida natural lain buat kumbang penggerek. Biji- biji cengkeh yang telah kering mempunyai aroma kokoh. Taburkan sebagian biji cengkeh di atas beras, setelah itu perkenankan agak sedikit tertutup sehingga aroma cengkeh membuat kutu beras tidak aman serta kesimpulannya migrasi ke tempat lain.

6. Daun Belimbing Wuluh

Daun blimbing wuluh pula tidak disukai oleh kutu beras. Perihal ini buat itu daun kutu beras pula bisa digunakan buat mengusir kutu beras yang terdapat pada beras kita. Triknya pula sangatlah gampang cuma dengan memasukkan daun belimbing wuluh kedalam penyimpanan beras kita.

7. Lada Kering

Lada kering ialah salah satu tipe rempah yang kerap dimanfaatkan buat bumbu kuliner. Aroma serta rasanya yang kokoh nyatanya tidak disenangi oleh koloni kutu rambut. Dengan demikian, lada kering bisa dijadikan media natural melenyapkan kutu beras. Metode penggunaannya lumayan gampang, sama semacam media daun jeruk nipis. Taburi serta campur sebagian biji lada kering di dalam beras. Kutu beras tidak hendak bertahan lama setelah itu kesimpulannya berangkat.

8. Pakai Daun Nangka serta Batang Serai

Perpaduan daun nangka kering serta batang serai bisa dijadikan obat pengusir kutu beras yang lumayan efisien. Taruhlah sebagian lembar daun nangka kering beserta sebagian batang serai yang masih muda di dalam beras supaya kutu beras beranjak berangkat.

9. Daun Jeruk Nipis

Daun jeruk nipis dengan aroma asam yang kokoh, tidak hanya digunakan buat kombinasi masakan, pula efisien mengusir kutu beras. Triknya, letakkan sebagian lembar daun jeruk nipis kedalam penyimpanan beras kita, letakkan pada bagian dasar, bagian tengah serta pula bagian atas beras. Lama kelamaan kutu beras tidak hendak terbawa- bawa serta lekas meninggalkan tempat beras tersebut.

10. Basmi Kutu Beras dengan Daun Mint

Buat mengusir kutu beras dengan daun mint, hingga wajib dikeringkan terlebih dulu. Sehabis kering, setelah itu digiling jadi bubuk serta dicampurkan bersama dengan beras. Metode ini lumayan efisien mengusir kutu beras. Bila kamu masih ragu buat menggabungkan, hingga bubuk daun mint hendaknya dimasukkan ke dalam kantong plastik yang sudah dilubangi kecil- kecil. Letakkan kantong plastik ini di dalam wadah beras.

11. Daun Asam Jawa

Alternatif lain buat mengenyahkan kutu beras merupakan daun asam jawa. Triknya cuma dengan meletakkan daun asam jawa pada wadah beras yang tertutup. Tetapi, sebagian orang enggan mengusir kutu beras dengan daun asam jawa sebab kala daun asam jawa telah mengering, hingga daun asam jawa hendak rontok serta malah mengotori beras.

12. Kulit Kayu Manis

Tidak hanya mengusir semut, kulit kayu manis pula efisien dalam membasmi kutu beras. Triknya juga sangat gampang cuma dengan meletakkan kayu manis pada tempat penyimpanan beras. Sama dengan bahan natural yang disebutkan di atas, kutu beras nyatanya pula tidak menggemari aroma kayu manis, sehingga kutu beras hendak migrasi serta tidak mengusik beras kita lagi.

13. Bawang Putih

Bawang putih mempunyai aroma khas yang lumayan menusuk. Aroma yang dihasilkan ini ini sangat tidak disukai oleh koloni kutu beras. Metode memakai bawang putih buat melenyapkan kutu beras merupakan dengan memasukkan bawang putih yang telah dikupas ke dalam wadah beras kamu. Metode ini mempunyai sedikit efek, ialah bisa mengganggu aroma beras kamu karena isi air yang terdapat pada bawang putih dapat tercampur pada beras, yang menyebabkan beras jadi lembab serta menimbulkan jamur beras.

14. Manfaat Daun Limau Purut

Gimana memakai daun limau ini buat melenyapkan kutu beras? Triknya, tiap 10 kilogram beras, gabungkan dengan 50 gr daun limau purut yang telah ditumbuk. Dengan metode ini beras kamu hendak leluasa daripada bau apek serta kutu beras.

15. Cabe Kering

Kutu beras pula tidak menggemari aroma khas cabe kering. Oleh sebab itu, jangan buang- buang stok cabe kamu. Metode memakai cabe kering buat mengusir kutu beras merupakan dengan memasukkan cabe kering ke dalam tempat penyimpanan beras kamu. Perkenankan hingga aromanya tercium oleh kutu beras serta kutu beras hendak berangkat.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *