Categories
Menghilangkan Kutu Beras

Cara Cepat Membasmi Kutu Beras

Kutu beras merupakan hewan serangga yang kerap ditemui di dalam beras ataupun gandum sebab mereka kilat tumbuh biak di situ serta ialah salah satu hama utama dari biji- bijian. Umumnya kutu ini kerap terletak di dalam beras, gandum, jagung, tepung serta tipe biji- bijian yang lain yang ditaruh. Serta hewan ini lebih banyak timbul di rumah yang memakai lantai kayu. Itu sebabnya kita ingin membasmi kutu beras apabila ditemukan di dalam beras. 

Beras yang memiliki banyak kutu serta dibiarkan begitu saja dalam waktu yang sangat lama bisa menimbulkan nutrisi yang terdapat pada beras jadi banyak yang lenyap. Beras yang sudah kehabisan banyak nutrisi bisa menimbulkan khasiat pada badan tidak lagi optimal.

Kutu beras yang masih tertinggal di dalam beras yang sudah dimasak jadi nasi, Pada dasarnya tidak membahayakan kesehatan badan. Tetapi, untuk sebagian kanak- kanak kutu beras yang terhisap serta masuk dalam badan bisa menimbulkan respon penolakan badan terhadap barang asing yang kesimpulannya merangsang seorang terkena alergi. Alergi bisa berbentuk perut mual, kulit gatal- gatal serta muntah.

Beras yang telah dimasuki kutu beras sepanjang berbulan bulan bisa pengaruhi rasa beras kala jadi nasi. Nasi yang semula nikmat serta terasa gurih hendak berganti jadi lebih tawar. Keadaan ini bisa menimbulkan selera makan serta nafsu makan seorang jadi lenyap.

Jadi, gimana metode membasmi kutu beras? Berikut ini terdapat metode gampang buat membasmi kutu beras dengan kilat! Ayo, kita amati!

1. Simpan pada temperatur dibawah 17 derajat celcius

Simpanlah beras pada temperatur dibawah 17 derajat celcius dimana kutu beras tidak suka dengan temperatur tersebut. Kutu beras bisa kilat tumbuh biak pada temperatur 27 hingga 30 derajat celcius.

2. Lada kering/ bawang putih/ jahe/ cabe kering

Bau istimewa dari keempat rempah tersebut sangat dibenci oleh kutu beras. Oleh sebab itu, kalian dapat mengambil sebagian butir lada kering ataupun cabe kering serta bungkus dengan tisu, letakkan di bagian dasar, tengah serta atas beras. Sehabis itu, letakkan beras di tempat yang dingin. Sebagian hari setelah itu, kutu- kutu hendak lenyap dengan sendirinya. Aroma dari rempah itu tidak hendak pengaruhi rasa dari beras.

3. Jemur pada cahaya matahari

Beras yang berkutu bisa dibersihkan dengan gampang dengan metode meletakan beras pada tampah kemudian jemurlah pada terik cahaya matahari. Temperatur yang besar sanggup membuat kutu tidak betah buat terus terdapat di dalam beras, Pada kesimpulannya Kutu hendak meninggalkan beras.

Tetapi, butuh diingat kalau beras yang memiliki kutu menunjukkan kalau beras tersebut leluasa dari bahan kimia beresiko semacam zat bleaching klorin. Klorin merupakan bahan bleaching yang biasa dipakai buat mensterilkan baju. Tetapi, bila di pakai buat memutihkan beras hingga beras hendak terkontaminasi dengan zat kimia yang bisa merubah tiap butirnya jadi lebih putih. Keadaan itu malah membasmi aroma khas dari beras itu sendiri sehingga kutu beras tidak lagi mengenalnya serta enggan buat masuk ke dalam beras.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *