Categories
Cara Memasak Udang

Cara Memilih Udang Agar Segar dan Lezat Rasanya

Cara Memilih Udang – Masak apa hari ini? Jangan sangat lama merenung di tukang sayur semacam aku, ya. Tiap hari masak, tiap hari bimbang ingin buat apa di dapur. Lucunya, aku tidak sendirian. Kerap ngumpul di warung sayur bareng orang sebelah, bareng ibu- ibu ini senantiasa terdapat sahabat senasib. Bersama merenung di tukang sayur, hahaha!

Kali ini aku tidak share formula masakan. Aku ingin share panduan memilah udang fresh, plus bonus sebagian formula olahan udang yang telah sempat tayang di web ini.

Suka makan udang? Jika tidak alergi tidak apa- apa ya. Suami serta 3 boyz di rumah tidak memiliki alergi santapan. Jadi nyaman makan apa saja tercantum seafood serta udang. Menu udang ini terdapat kali aku buat seminggu sekali. Saking gabutnya aku tidak ketahui ingin masak apa lagi…

Langsung mulai aja ayo. Ayo ikuti panduan memilah udang fresh berikut ini…

Cara Memilih Udang Segar

1) Seleksi udang yang bercorak cerah

Suka terdapat tuh, udang yang rupanya terlampau pucat, cenderung mengarah putih, apalagi mulai menggelap kehitaman. Nah, yang tampilannya kurang baik semacam itu, jangan diseleksi ya! Itu tandanya udang telah memburuk kualitasnya.

2) Cek kulit udang

Sama semacam corak udang, cek pula susunan kulitnya. Kulit udang yang bagus bercorak bening transparan serta mengkilat. Bila rupanya telah berganti jadi kumal ataupun berganti jadi putih, itu tandanya udang telah tidak fresh lagi.

3) Cek daging udang

Tekan sebentar, rasakan kenyalnya daging udang. Bila telah lembek maksudnya udang kurang bagus kualitasnya. Perhatikan pula teksturnya. Bila telah tidak kaku alias lembek pula tidak fresh lagi.

4) Bau udang yang segar

Udang yang bagus baunya mirip semacam ikan fresh. Bila telah berbau busuk yang tidak lezat hendaknya disingkirkan saja.

5) Kepala udang masih melekat pada badannya

Kepala udang yang lepas dari tubuhnya menunjukkan keadaan udang telah tidak fresh lagi.

6) Udang tidak berlendir

Udang yang berdahak umumnya dibarengi dengan bau tidak lezat yang menunjukkan telah membusuk.

Cara tepat mengolah udang:

  1. Udang yang baru dibeli wajib lekas diolah kurang dari 24 jam. Bila mau dimasak di lain hari, lekas mencuci serta bilas udang kemudian taruh di freezer.
  2. Udang beku yang telah dilumerkan hendaknya langsung habis diolah serta jangan ditaruh kembali ke kulkas. Santapan apa juga yang telah dicairkan kemudian ditaruh kembali di kulkas dapat kurangi mutu gizinya.
  3. Metode 1 kurangi amis pada udang: baluri dengan air jeruk nipis( dapat pula sekaligus dengan garam ataupun bumbu yang lain). Diamkan sepanjang 15 hingga 20 menit saat sebelum diolah.
  4. Metode 2 kurangi amis pada udang: baluri dengan parutan kunyit bagaikan pengganti air jeruk nipis. Udang yang dibalur dengan kunyit hendak jadi kuning rupanya. Sesuai buat setelah itu diolah jadi udang goreng, gulai udang, ataupun udang bumbu tradisional lainnnya.
  5. Metode mensterilkan udang: mencuci bersih di air mengalir. Buang kepala udang, bilas kotorannya yang menempel diantara kepala serta tubuh udang. Bila mau kepalanya senantiasa menyatu, angkat sedikit kepala udang bagian atas buat mensterilkan kotorannya. Kerat punggungnya, buang kotoran bercorak gelap memanjang di bagian punggung.
  6. Kulit udang dapat dikupas ataupun tidak bergantung tipe masakan yang hendak diolah.

Itu dia cara memilih udang yang segar dan cara mengolah nya agar ketika kamu memasaknya, rasa segar dan lezat akan senantiasa terjaga. Selamat mencoba ya dan semoga informasi diatas bermanfaat untuk kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *