Categories
Perbedaan Margarin dan Mentega

Margarin dan Mentega, Apa Saja Perbedaannya?

Buat kalian yang sering masak mungkin kalian tahu tentang perbedaan antara margarin dan mentega. Tetapi buat kamu yang tidak sering memasak mungkin kamu belum tahu perbedaan antara dua hal tersebut.  Oleh karena itu agar kamu tidak salah lagi membedakannya, mari bahas perbedaan antara margarin dan mentega. Berikut perbedaan antara mentega dan margarin.

Bahan

Dari segi bahan untuk mentega pada umumnya terbuat dari lemak hewani yaitu berasal dari susu sapi, tapi kadang juga dibuat dari susu domba, kambing, lembu atau kerbau. Sedangkan untuk margarin pada tahun 1800-an margarin dibuat dari lemak hewan namun sekarang barang utamanya adalah lemak nabati air garam emosi saya dan beberapa juga menambahkan susu. 

Warna

Perbedaan margarin dan mentega bisa diketahui dari sisi warna. Warna mentega lebih berwarna kuning pucat. Namun ada juga mentega yang berwarna putih dan margarin berwarna kerang untuk aromanya sendiri karena terbuat dari bahan dasar yang berbeda aroma yang dihasilkan pun berbeda untuk mentega memiliki aroma yang lebih harum dan lebih kaya rasa cocok untuk membuat cake kue karena aromanya sangat menggoda sedangkan mentega putih tidak memiliki bau biasanya digunakan untuk membuat roti bakpao bakpia pastel lapis dan makanan lainnya dan untuk margarin tidak memiliki aroma yang begitu kuat.

Kandungan kolesterol dan penyimpanan

Untuk kandungannya sendiri mentega memiliki kandungan kolesterol tinggi dan lemak jenuh hingga 80% sedangkan margarin memiliki kandungan rendah kolesterol dan memiliki kandungan lemak tak jenuh.  Ketika melakukan penyimpanan, mentega menjadi lebih padat ketika disimpan ke dalam lemari pendingin menjadi lembut ketika di suhu ruang dan meleleh pada suhu 30 derajat sampai 33 derajat Celcius. Sedangkan untuk margarin dan mentega putih masih bisa di suhu ruang tanpa dimasukkan ke dalam kulkas itu dia perbedaan antara mentega dan margarin Jangan sampai salah lagi ya. 

Itu dia perbedaan antara mentega dan margarin. Jika kamu sudah tahu perbedaanya makan kamu akan dengan gampang mengetahui makanan apa saja yang bisa kamu buat menggunakan kedua bahan tersebut.  Semoga informasi ini berguna untuk kalian ya, dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *