Categories
Cara Mengatur Gaji Bulanan

3 Penyebab Gaji Numpang Lewat di Usia 30-an!

Cara Mengatur Gaji Bulanan

Di usia 30-an memang sudah dapat dibilang di mana seseorang memasuki fase yang lebih matang dalam berfikir. Tapi jangan salah, masih saja ada orang yang mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan, apalagi jika gaji cuma lewat. 

Apa saja sih penyebab banyak orang sering mengalami hal tersebut? Berikut adalah beberapa penyebab gaji numpang lewat:

1. Gaya hidup dan gengsi

Ga sedikit cerita gaji yang numpang lewat disebabkan keterbukaan informasi secara luas, cepat dan masif nih. Hal tersebut yang menyebabkan banyak orang tergoda buat membelanjakan uangnya demi mendapatkan kepuasan semata dalam mengikuti tren. 

Dengan memahami cara kerja uang, jika uang tersebut dibelanjakan untuk hal yang konsumtif, maka nilainya akan habis di kemudian hari. Di sisi lain, jika anda lebih mementingkan investasi daripada pengeluaran konsumtif, maka nilai uang yang anda miliki bisa bertumbuh di masa depan.

Kemudian juga pahami juga apa kebutuhan dan keinginan, sebab kedua hal ini sangat berbeda dan anda harus bisa mengetahui perbedaannya. Beli sebuah barang karena fungsi yang ada di dalamnya dan jangan membeli barang hanya karena tergoda merek sudah terkenal.

2. Punya utang terlalu besar

Persoalan kedua adalah memiliki hutang terlalu besar yang membuat masalah gaji hanya numpang lewat setiap bulan. Hal yang harus diperhatikan adalah dengan melihat arus kas apakah memiliki hutang terlalu besar atau tidak. 

Sebaiknya terapkan skema hutang atau cicilan maksimal 30% dari total pendapatan, jika memiliki penghasilan UMR DKI Jakarta yakni Rp 4,2 juta, maka total cicilan atau hutang maksimal per bulan adalah Rp 840 ribu.

Tidak hanya itu, selama masih memiliki hutang atau cicilan yang sudah terlanjur, maka jangan sampai menambah lagi jumlah hutang yang dimiliki. Sebab pada akhirnya akan memberikan beban pada finansial setiap bulan, jika dipaksakan maka akan menghadapi masalah gaji hanya numpang lewat.

3. Gak tahu ke mana pengeluaran tiap bulan

Kemudian, persoalan berikutnya adalah tidak mengetahui secara pasti ke mana aliran uang setiap bulan yang membuat gaji hanya numpang lewat saja. Jika hal ini tak mau terus menerus terjadi, sebaiknya lakukan tracking atau melacak setiap pengeluaran yang terjadi setiap bulan. 

Saat mengetahui ke mana aliran uang keluar, maka anda bisa lebih mudah mengevaluasi pengeluaran berlebihan yang dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *