Tips Memulai Bisnis Kuliner Rumahan Dengan Mudah

peluang usaha sampingan Jika Anda mendapat pujian yang tak terhitung jumlahnya di cupcakes Anda, atau menemukan diri Anda dengan permintaan dari teman-teman Anda untuk menjadi koki pribadi mereka untuk acara-acara khusus, bisnis kuliner rumahan mungkin menjadi cara mendapatkan uang ekstra yang menyenangkan. Seperti halnya bisnis apa pun, Anda perlu merencanakan dan meneliti sebelum memulainya. Inilah 10 hal yang harus Anda ketahui sebelum membuka bisnis kuliner rumahan yang mungkin perlu Anda ketahui.

Pelajari Peraturan dan Persyaratan di Negara Anda

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika akan membangun bisnis kuliner rumahan adalah mencari tahu dan mempelajari peraturan yang ada di negara Anda. Setiap negara pasti memiliki kriteria dan persyaratan tersendiri ketika Anda meminta izin usaha makanan. Biasanya, hal inilah yang langsung membuat para pengusaha mundur. Namun, ketika Anda sudah melewati step ini, maka langkah Anda selanjutnya akan sangat lancar. Oleh sebab itu, bersakit-sakit di awal tidak ada salahnya, kan?

Pastikan Sudah Memiliki Target Bisnis dan Pasar

Anda dapat memiliki cupcakes terbaik di planet ini, tetapi jika Anda tidak memiliki pasar untuk produk Anda, maka hal tersebut tidak akan dapat menghasilkan apa-apa. Chef Veronica Rains, co-owner dari Wholesome Chow dan penulis Sell Your Organic Food Product merekomendasikan untuk melakukan fokus ketika menjalankan bisnis kuliner rumahan, seperti  membuat batch kecil dengan kemasan murah dan menjual produk Anda ke beberapa lokasi ritel sebelum sepenuhnya berinvestasi dalam bisnis. Intinya, mulailah bisnis Anda dengan sederhana terlebih dahulu. Ketika produk Anda sudah cukup laku, maka lakukan inovasi dan ekspansi pada bisnis Anda.

Sewalah Seorang Profesional Jika Dibutuhkan

Meskipun Anda mungkin telah mendesain situs web untuk bisnis kuliner rumahan milik Anda sendiri atau mengambil kelas di perguruan tinggi di bidang akuntansi, pertimbangkan sejenak untuk mempekerjakan seorang profesional untuk tugas yang berada di luar bidang keahlian Anda. Meskipun Anda dapat melakukan tugas-tugas ini, waktu Anda yang berharga ini lebih baik dihabiskan untuk mengembangkan bisnis, dan hasilnya biasanya berkualitas lebih tinggi dengan mendatangkan profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *